Surah Ad Duha

(Waktu Duha)
Makkiyah
Surah ke-93
11 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

وَالضُّحٰىۙ

waḍ-ḍuḥā

Demi waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah),


2

وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ

wal-laili iżā sajā

dan demi malam apabila telah sunyi,


3

مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ

mā wadda'aka rabbuka wa mā qalā

Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu,


4

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

wa lal-ākhiratu khairul laka minal-ụlā

dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan.


5

وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ

wa lasaufa yu'ṭīka rabbuka fa tarḍā

Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.


6

اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ

a lam yajidka yatīman fa āwā

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu),


7

وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ

wa wajadaka ḍāllan fa hadā

dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk,


8

وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ

wa wajadaka 'ā`ilan fa agnā

dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan.


9

فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ

fa ammal-yatīma fa lā taq-har

Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang.


10

وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ

wa ammas-sā`ila fa lā tan-har

Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik(nya).


11

وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

wa ammā bini'mati rabbika fa ḥaddiṡ

Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).


Membaca Surah Ad-Dhuha dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca surah Al-Qur'an merupakan sunnah bagi umat Muslim, dan lebih dari itu, membaca Al-Qur'an juga membawa banyak pahala. Terutama jika ajaran dalam Al-Qur'an dijadikan panduan hidup, manfaatnya akan semakin besar. Penting bagi umat Muslim untuk menyisihkan waktu setiap harinya untuk membaca Al-Qur'an. Selain mendapatkan pahala, masih banyak manfaat lain yang bisa dirasakan. Salah satu keutamaan membaca Al-Qur'an adalah bahwa setiap Muslim yang membacanya akan mendapatkan balasan dari Allah SWT, di mana satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Namun, terdapat beberapa orang yang masih merasa malas membaca Al-Qur'an, dan beberapa bahkan menganggapnya sulit. Padahal, jika dijalankan dengan tekun, membaca Al-Qur'an tidak seberat yang dibayangkan. Masalah lain yang umum adalah keterbatasan waktu untuk membaca Al-Qur'an.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Mushaf Onlineku hadir dengan menawarkan berbagai surah dalam Al-Qur'an, termasuk surah Ad-Dhuha yang terdiri dari 11 ayat. Kamu bisa mengakses website Mushaf Onlineku dan membaca Al-Qur'an kapan saja dan di mana saja, memungkinkanmu untuk mendapatkan pahala dengan lebih mudah.

Makna dan Isi Kandungan Surah Ad-Dhuha

Surah Ad-Dhuha merupakan surah ke-93 dalam Al-Qur'an dengan 11 ayat, dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Surah Makkiyah adalah surah yang diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surah-surah Makkiyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada 17 Ramadhan. Dinamai Ad-Dhuha karena kata "Adh-Dhuha" terdapat pada ayat pertama surah ini, yang berarti waktu dhuha (waktu antara fajar dan waktu tengah hari). Surah ini memberikan makna tentang terangnya waktu siang dan kesucian saat fajar. Surah Ad-Dhuha juga mengandung pesan-pesan tentang pentingnya hidup akhirat dibandingkan dunia, serta mengecam kaum musyrik yang mengolok-olok dan meremehkan Nabi Muhammad SAW. Di sisi lain, surah ini menunjukkan perhatian Allah kepada Nabi Muhammad SAW serta ajakan untuk berperilaku baik terhadap anak yatim dan orang yang meminta-minta. Surah ini juga mengajarkan agar kita selalu bersyukur atas nikmat-nikmat Allah.

Keutamaan Membaca Surah Ad-Dhuha

Surah Ad-Dhuha mengandung ajaran yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan berkah dan petunjuk dari Allah. Beberapa keutamaan membaca surah Ad-Dhuha adalah bahwa shalat Dhuha sebanyak 4 rakaat setara dengan 360 sedekah, melaksanakan shalat Dhuha 2 rakaat setara dengan memberikan sedekah, dan membaca surah ini membantu mencukupi kebutuhan sepanjang hari. Selain itu, masih banyak keutamaan lain yang dapat diperoleh. Oleh karena itu, mulailah membaca Surah Ad-Dhuha untuk meraih manfaat yang lebih besar. Sekarang, membaca Al-Qur'an Surah Ad-Dhuha menjadi lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.