Surah Al 'Adiyat

(Kuda Perang yang Berlari Kencang)
Makkiyah
Surah ke-100
11 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

وَالْعٰدِيٰتِ ضَبْحًاۙ

wal-'ādiyāti ḍab-ḥā

Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah,


2

فَالْمُوْرِيٰتِ قَدْحًاۙ

fal-mụriyāti qad-ḥā

dan kuda yang memercikkan bunga api (dengan pukulan kuku kakinya),


3

فَالْمُغِيْرٰتِ صُبْحًاۙ

fal-mugīrāti ṣub-ḥā

dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi,


4

فَاَثَرْنَ بِهٖ نَقْعًاۙ

fa aṡarna bihī naq'ā

sehingga menerbangkan debu,


5

فَوَسَطْنَ بِهٖ جَمْعًاۙ

fa wasaṭna bihī jam'ā

lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh,


6

اِنَّ الْاِنْسَانَ لِرَبِّهٖ لَكَنُوْدٌ ۚ

innal-insāna lirabbihī lakanụd

sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak bersyukur) kepada Tuhannya,


7

وَاِنَّهٗ عَلٰى ذٰلِكَ لَشَهِيْدٌۚ

wa innahụ 'alā żālika lasyahīd

dan sesungguhnya dia (manusia) menyaksikan (mengakui) keingkarannya,


8

وَاِنَّهٗ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيْدٌ ۗ

wa innahụ liḥubbil-khairi lasyadīd

dan sesungguhnya cintanya kepada harta benar-benar berlebihan.


9

۞ اَفَلَا يَعْلَمُ اِذَا بُعْثِرَ مَا فِى الْقُبُوْرِۙ

a fa lā ya'lamu iżā bu'ṡira mā fil-qubụr

Maka tidakkah dia mengetahui apabila apa yang di dalam kubur dikeluarkan,


10

وَحُصِّلَ مَا فِى الصُّدُوْرِۙ

wa huṣṣila mā fiṣ-ṣudụr

dan apa yang tersimpan di dalam dada dilahirkan?


11

اِنَّ رَبَّهُمْ بِهِمْ يَوْمَىِٕذٍ لَّخَبِيْرٌ

inna rabbahum bihim yauma`iżil lakhabīr

sungguh, Tuhan mereka pada hari itu Mahateliti terhadap keadaan mereka.


Membaca Surah Al-'Adiyat dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap harinya memiliki manfaat luar biasa, termasuk mendapatkan pahala yang akan membantu meraih surga dan mendapat ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari juga membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta, menciptakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup. Namun, jika mobilitasmu sangat tinggi dan membawa kitab Al-Qur'an menjadi merepotkan, jangan khawatir. Kini, dengan fitur Al-Qur'an yang tersedia di Mushaf Onlineku, kamu dapat mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an, lengkap dengan berbagai juz. Salah satunya adalah surah Al-'Adiyat yang terdiri dari 11 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an harian melalui Mushaf Onlineku. Instal aplikasinya di ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu kamu memahami Al-Qur'an dengan lebih mudah.

Isi Kandungan Surah Al-'Adiyat

Surah Al-'Adiyat merupakan surah ke-100 dalam Al-Qur'an dan termasuk dalam surah Juz 'Amma. Berdasarkan urutan turunnya kepada Rasulullah SAW, Surat Al-'Adiyat merupakan surah ke-13 yang turun setelah Surat Al Ashr dan sebelum Surat Al Kautsar. Nama "Al-'Adiyat" berasal dari kata "kuda perang yang berlari kencang" yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surah ini terdiri dari 11 ayat dan diturunkan di kota Mekah, termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Isi dari surah Al-'Adiyat berbicara tentang ancaman Allah SWT terhadap manusia yang ingkar dan terlalu mencintai harta benda. Sifat mereka yang tamak dan bakhil, serta upaya mereka untuk mengumpulkan kekayaan dengan berbagai cara, menjadikan mereka pelit dan serakah. Orang-orang seperti ini akan mendapatkan balasan yang setimpal ketika mereka dibangkitkan dari kubur dan segala amalan mereka diungkapkan. Allah SWT, Yang Maha Mengetahui segala amal dan bahkan isi hati, akan mengungkapkan semuanya. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dan tidak mengingkari nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya.

Manfaat Membaca Surah Al-'Adiyat secara Rutin

Al-Qur'an diciptakan oleh Allah SWT dengan segala kebaikan di dalamnya. Petunjuk dan ajaran-Nya dalam Al-Qur'an membantu kita memasuki zaman yang penuh cahaya, di mana kita dapat dengan mudah meraih surga. Membaca Al-Qur'an juga sangat dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan membaca surah Al-'Adiyat. Dengan membaca surah ini, kita dapat semakin bersyukur atas nikmat-Nya. Selain itu, surah Al-'Adiyat mengingatkan kita akan kengerian hari kiamat, mendorong kita untuk selalu bersikap baik. Membaca surah Al-'Adiyat secara rutin, sambil berusaha dengan tulus kepada Allah SWT, diyakini dapat membuka pintu rejeki bagi kita. Bacalah surah Al-'Adiyat dan surah-sura lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.