Surah Al Fil

(Gajah)
Makkiyah
Surah ke-105
5 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ

a lam tara kaifa fa'ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap pasukan bergajah?


2

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ

a lam yaj'al kaidahum fī taḍlīl

Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?


3

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ

wa arsala 'alaihim ṭairan abābīl

dan Dia mengirimkan kepada mereka burung yang berbondong-bondong,


4

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yang dibakar,


5

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ

fa ja'alahum ka'aṣfim ma`kụl

sehingga mereka dijadikan-Nya seperti daun-daun yang dimakan (ulat).


Membaca Surah Al-Fil dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap hari membawa banyak kebaikan bagi kita, seperti mendapatkan pahala untuk mempermudah meraih surga dan berbagai ganjaran lainnya. Rutin membaca Al-Qur'an juga membantu kita senantiasa mengingat Sang Pencipta, memberikan ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan. Namun, jika mobilitasmu tinggi dan membawa kitab Al-Qur'an menjadi sulit, tidak perlu khawatir. Fitur Al-Qur'an yang tersedia di Mushaf Onlineku memungkinkan kamu mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an dari berbagai juz dengan mudah. Termasuk surah Al-Fil yang terdiri dari 5 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an setiap hari melalui Mushaf Onlineku. Kunjungi website Mushaf Onlineku melalui ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu pemahamanmu.

Makna Dalam Surah Al-Fil

Surah Al-Fil adalah surat ke-105 dalam Al-Qur'an dan termasuk bagian dari surah Juz 'Amma. Surat ini terdiri dari 5 ayat. Al-Fil termasuk dalam golongan surat Makiyyah, yaitu surat pendek yang diturunkan di Mekah. Surah ini menggambarkan peristiwa penting di mana raja Abrahah dari Yaman bersama 60.000 pasukan ingin menghancurkan Ka'bah. Pasukannya bahkan mencakup gajah-gajah besar. Namun, niat jahat raja Abrahah ini tidak akan terwujud. Ketika pasukan itu hendak menyerang, Allah S.W.T mengirim burung-burung yang membawa batu-batu api dari neraka dan melemparkannya kepada pasukan tersebut. Akibatnya, raja Abrahah dan pasukannya tewas. Peristiwa ini dikenal sebagai Tahun Gajah, tahun di mana Rasulullah S.A.W dilahirkan.

Keistimewaan Surah Al-Fil

Membaca Al-Qur'an memberikan banyak kebaikan dan manfaat, termasuk melindungi diri dari perbuatan buruk. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari adalah seperti menabung pahala. Namun, lebih dari itu, membaca surah-surah dalam Al-Qur'an, seperti Al-Fil, memiliki karomah dan manfaat tersendiri. Misalnya, membaca surah Al-Fil bersama surah Al-Insyirah setelah shalat Subuh pada rakaat pertama secara rutin akan memberikan perlindungan dari tangan-tangan jahat. Membaca Al-Fil dalam pertempuran membuat musuh merasa takut dan melarikan diri karena terbayang oleh perasaan takut yang ditakuti atas izin Allah S.W.T. Bacalah surah Al-Fil dan berbagai surah lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.