Surah Al Humazah

(Pengumpat)
Makkiyah
Surah ke-104
9 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍۙ

wailul likulli humazatil lumazah

Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela,


2

ۨالَّذِيْ جَمَعَ مَالًا وَّعَدَّدَهٗۙ

allażī jama'a mālaw wa 'addadah

yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,


3

يَحْسَبُ اَنَّ مَالَهٗٓ اَخْلَدَهٗۚ

yaḥsabu anna mālahū akhladah

dia (manusia) mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya.


4

كَلَّا لَيُنْۢبَذَنَّ فِى الْحُطَمَةِۖ

kallā layumbażanna fil-ḥuṭamah

Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan ke dalam (neraka) Hutamah.


5

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْحُطَمَةُ ۗ

wa mā adrāka mal-ḥuṭamah

Dan tahukah kamu apakah (neraka) Hutamah itu?


6

نَارُ اللّٰهِ الْمُوْقَدَةُۙ

nārullāhil-mụqadah

(Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan,


7

الَّتِيْ تَطَّلِعُ عَلَى الْاَفْـِٕدَةِۗ

allatī taṭṭali'u 'alal-af`idah

yang (membakar) sampai ke hati.


8

اِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُّؤْصَدَةٌۙ

innahā 'alaihim mu`ṣadah

Sungguh, api itu ditutup rapat atas (diri) mereka,


9

فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ

fī 'amadim mumaddadah

(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang.


Membaca Surah Al-Humazah dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap hari memiliki banyak manfaat, termasuk mendapatkan pahala untuk mempermudah mencapai surga dan mendapatkan berbagai ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an secara rutin membantu kita untuk senantiasa mengingat Sang Pencipta, memberikan ketenangan dan kedamaian dalam kehidupan. Namun, jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan merasa kesulitan membawa kitab Al-Qur'an ke mana-mana, jangan khawatir. Dengan adanya fitur Al-Qur'an di Mushaf Onlineku, kamu bisa mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an dari berbagai juz dengan mudah. Termasuk di dalamnya adalah surah Al-Humazah yang terdiri dari 9 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an setiap hari melalui Mushaf Onlineku. Kunjungi website Mushaf Onlineku melalui ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu pemahamanmu.

Makna Dalam Surah Al-Humazah

Surah Al-Humazah adalah surat ke-104 dalam Al-Qur'an dan termasuk bagian dari surah Juz 'Amma. Surat ini terdiri dari 9 ayat. Al-Humazah termasuk dalam golongan surat Makiyyah, yaitu surat pendek yang diturunkan di Mekah. Surah ini menggambarkan pandangan tentang kehidupan di mana manusia sering terjebak dalam kekuasaan harta. Mata dan hati mereka tertutup oleh kekayaan dunia, sehingga mereka cenderung mengedepankan kepentingan duniawi di atas segalanya, bahkan hingga mengabaikan perintah Allah S.W.T. Ayat kedua dari surah Al-Humazah memiliki makna "yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya." Ayat ini menggambarkan perilaku orang-orang yang terperangkap dalam harta benda. Cinta mereka terhadap harta menyebabkan mereka terus-menerus menghitung dan mengelola harta tersebut. Mereka juga sering merasa lebih superior daripada orang lain berdasarkan kepemilikan materi. Tidak jarang mereka juga suka mencela dan menghina orang lain. Namun, sifat-sifat ini tidak disukai oleh Allah S.W.T.

Ancaman Allah S.W.T terhadap Tindakan Mencela dan Mengumpat

Kata "Al-Humazah" pada ayat pertama surah ini memiliki arti "pengumpat". Inti dari surah Al-Humazah adalah ancaman Allah S.W.T terhadap orang-orang yang suka mencela, mengumpat, dan mengumpulkan harta namun tidak mau menyumbangkannya di jalan Allah S.W.T. Sikap buruk mereka yang suka mencela, mengumpat, dan terobsesi dengan harta dunia tetapi tidak bersedia berderma akan mendapat ancaman dari Allah S.W.T. Ancaman tersebut adalah neraka Hutamah, yang menyala-nyala. Neraka ini akan menghancurkan segala sesuatu yang masuk ke dalamnya, termasuk para pengumpat dan pelahap harta. Pintu neraka Hutamah akan tertutup erat, sehingga mereka tidak akan pernah bisa keluar darinya. Bacalah surah Al-Humazah dan berbagai surah lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.