Surah Al Qadr

(Kemuliaan)
Makkiyah
Surah ke-97
5 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

innā anzalnāhu fī lailatil-qadr

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.


2

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

wa mā adrāka mā lailatul-qadr

Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?


3

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

lailatul-qadri khairum min alfi syahr

Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.


4

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

tanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amr

Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.


5

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

salāmun hiya ḥattā maṭla'il-fajr

Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.


Membaca Surah Al-Qadr dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap hari memiliki berbagai manfaat, seperti mendapatkan pahala untuk mempermudah meraih surga dan berbagai ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari juga membuat kita senantiasa terhubung dengan Sang Pencipta, menciptakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup kita. Namun, jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan merasa kesulitan membawa kitab Al-Qur'an ke mana-mana, tidak perlu khawatir lagi. Kini, dengan adanya fitur Al-Qur'an yang tersedia di Mushaf Onlineku, kamu dapat mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an dari berbagai juz. Salah satunya adalah surah Al-Qadr yang terdiri dari 5 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala membaca Al-Qur'an harian melalui Mushaf Onlineku. Akses situs Mushaf Onlineku melalui ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dengan tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu kamu memahami Al-Qur'an dengan lebih mudah.

Kemuliaan Malam Lailatul Qadar Ketika Surah Al-Qadr Diturunkan

Surah Al-Qadr adalah surat ke-97 dalam Al-Qur'an dan merupakan bagian dari surah Juz 'Amma. Kata "Al-Qadr" dalam bahasa Arab memiliki arti "kemuliaan." Surat ini terdiri dari 5 ayat dan diturunkan di kota Mekah. Surah Al-Qadr termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Selain disebut surah Al-Qadr, surah ini juga dikenal dengan nama "Innaa anzalnahu." Surah ini diturunkan setelah surah 'Abasa. Isi dari surah ini menjelaskan tentang malam Lailatul Qadar, yaitu malam ketika Al-Qur'an diturunkan ke bumi. Malam ini dianggap sangat mulia dan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam Lailatul Qadar, doa dan ibadah dengan tulus hati akan diampuni dosanya, dan permintaan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Pada malam ini, malaikat turun ke bumi untuk mengatur segala urusan, termasuk permintaan dan doa para hamba Allah. Pada malam ini juga Allah membagikan kesejahteraan kepada umat-Nya hingga waktu fajar atau matahari terbit.

Keutamaan Surah Al-Qadr

Surah Al-Qadr memiliki keistimewaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca surah Al-Qadr, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadr." Selain itu, sabda lain dari Rasulullah SAW menyebutkan, "Barang siapa membaca surah Al-Qadr satu kali setelah berwudhu, Allah SWT memberikan pahala seperti ibadah selama 50 tahun. Jika dibaca dua kali, pahalanya seperti pahala yang diberikan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa AS. Jika dibaca tiga kali, semua pintu surga akan dibuka, dan seseorang dapat memilih pintu tanpa perhitungan dan siksaan. Barang siapa membaca surah Al-Qadr tiga kali setelah shalat Maghrib dan Subuh, kemudian berdoa, akan dibangun tembok pembatas antara dirinya dan iblis, seperti tembok yang membatasi Yajuj dan Majuj." Kamu dapat membaca surah Al-Qadr dan berbagai surah lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.