Surah Al Qari'ah

(Hari Kiamat)
Makkiyah
Surah ke-101
11 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

اَلْقَارِعَةُۙ

al-qāri'ah

Hari Kiamat,


2

مَا الْقَارِعَةُ ۚ

mal-qāri'ah

Apakah hari Kiamat itu?


3

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ

wa mā adrāka mal-qāri'ah

Dan tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?


4

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabṡụṡ

Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan,


5

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

wa takụnul-jibālu kal-'ihnil-manfụsy

dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan.


6

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ

fa ammā man ṡaqulat mawāzīnuh

Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,


7

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ

fa huwa fī 'īsyatir rāḍiyah

maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).


8

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ

wa ammā man khaffat mawāzīnuh

Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,


9

فَاُمُّهُ هَاوِيَةٌ ۗ

fa ummuhụ hāwiyah

maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.


10

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ

wa mā adrāka mā hiyah

Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?


11

نَارٌ حَامِيَةٌ

nārun ḥāmiyah

(Yaitu) api yang sangat panas.


Membaca Surah Al-Qari'ah dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap harinya memiliki manfaat yang besar, termasuk mendapatkan pahala untuk memudahkan meraih surga dan berbagai ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari juga membantu kita untuk senantiasa ingat kepada Sang Pencipta, membawa ketenangan dan kedamaian dalam hidup. Namun, jika mobilitasmu tinggi dan membawa kitab Al-Qur'an menjadi masalah, jangan khawatir. Kini, dengan fitur Al-Qur'an yang tersedia di Mushaf Onlineku, kamu dapat mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an lengkap dengan berbagai juz. Salah satunya adalah surah Al-Qari'ah yang terdiri dari 11 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an harian melalui Mushaf Onlineku. Akses website Mushaf Onlineku pada ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu kamu memahami Al-Qur'an dengan lebih mudah.

Isi Kandungan Surah Al-Qari'ah

Surah Al-Qari'ah adalah surat ke-101 dalam Al-Qur'an dan termasuk dalam surah Juz 'Amma. Surat ini terdiri dari 11 ayat. Nama surat ini diambil dari ayat pertama yang berbunyi "Al-Qari'ah", yang merujuk pada peristiwa yang sangat dahsyat pada hari kiamat. Surah Al-Qari'ah diturunkan di kota Mekah, termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Isi dari surah Al-Qari'ah menjelaskan tentang kejadian-kejadian mengerikan pada hari kiamat. Pengulangan kata "Al-Qariah" sebanyak tiga kali bertujuan untuk memperingatkan manusia akan datangnya hari kiamat. Pada saat itu, manusia akan bertebaran seperti belalang. Mereka akan merasa kebingungan, lemah, hancur, dan terhambur tak terkendali. Gunung-gunung akan meletus dan berhamburan isinya. Setelah kiamat, akan ada hari penghitungan di mana semua amal perbuatan manusia akan ditimbang. Jika seseorang memiliki amal perbuatan yang sedikit sehingga timbangan kebaikannya ringan, ia akan menerima nasibnya di neraka. Mereka akan mengalami azab yang luar biasa panasnya.

Keutamaan Surah Al-Qari'ah

Surat Al-Qari'ah mengandung peringatan akan kejadian mengerikan pada hari kiamat dan azab Allah SWT bagi mereka yang kurang beramal shalih di dunia. Selain itu, surat ini juga mengajarkan tentang timbangan amal baik dan buruk serta balasan yang sesuai, seperti surga dan neraka. Surat Al-Qari'ah juga menjelaskan bahwa manusia pada hari kiamat akan dibagi menjadi dua kelompok di neraka sesuai dengan perbuatan mereka. Barangsiapa yang membaca surat Al-Qari'ah, akan memberatkan timbangan kebaikannya. Bacalah surah Al-Qari'ah dan surah-sura lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.