Surah Asy Syams

(Matahari)
Makkiyah
Surah ke-91
15 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ

wasy-syamsi wa ḍuḥāhā

Demi matahari dan sinarnya pada pagi hari,


2

وَالْقَمَرِ اِذَا تَلٰىهَاۖ

wal-qamari iżā talāhā

demi bulan apabila mengiringinya,


3

وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰىهَاۖ

wan-nahāri iżā jallāhā

demi siang apabila menampakkannya,


4

وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىهَاۖ

wal-laili iżā yagsyāhā

demi malam apabila menutupinya (gelap gulita),


5

وَالسَّمَاۤءِ وَمَا بَنٰىهَاۖ

was-samā`i wa mā banāhā

demi langit serta pembinaannya (yang menakjubkan),


6

وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ

wal-arḍi wa mā ṭaḥāhā

demi bumi serta penghamparannya,


7

وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰىهَاۖ

wa nafsiw wa mā sawwāhā

demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya,


8

فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ

fa al-hamahā fujụrahā wa taqwāhā

maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya,


9

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ

qad aflaḥa man zakkāhā

sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu),


10

وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ

wa qad khāba man dassāhā

dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.


11

كَذَّبَتْ ثَمُوْدُ بِطَغْوٰىهَآ ۖ

każżabaṡ ṡamụdu biṭagwāhā

(Kaum) samud telah mendustakan (rasulnya) karena mereka melampaui batas (zalim),


12

اِذِ انْۢبَعَثَ اَشْقٰىهَاۖ

iżimba'aṡa asyqāhā

ketika bangkit orang yang paling celaka di antara mereka,


13

فَقَالَ لَهُمْ رَسُوْلُ اللّٰهِ نَاقَةَ اللّٰهِ وَسُقْيٰهَاۗ

fa qāla lahum rasụlullāhi nāqatallāhi wa suqyāhā

lalu Rasul Allah (Saleh) berkata kepada mereka, “(Biarkanlah) unta betina dari Allah ini dengan minumannya.”


14

فَكَذَّبُوْهُ فَعَقَرُوْهَاۖ فَدَمْدَمَ عَلَيْهِمْ رَبُّهُمْ بِذَنْۢبِهِمْ فَسَوّٰىهَاۖ

fa każżabụhu fa 'aqarụhā fa damdama 'alaihim rabbuhum biżambihim fa sawwāhā

Namun mereka mendustakannya dan menyembelihnya, karena itu Tuhan membinasakan mereka karena dosanya, lalu diratakan-Nya (dengan tanah),


15

وَلَا يَخَافُ عُقْبٰهَا

wa lā yakhāfu 'uqbāhā

dan Dia tidak takut terhadap akibatnya.


Membaca Surah Asy-Syams dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Bagi umat Muslim, membaca surah Al-Qur'an bukan hanya sebuah sunnah, tetapi juga membawa berbagai manfaat besar, terutama jika Al-Qur'an menjadi panduan hidup. Penting bagi umat Muslim untuk mengalokasikan waktu setiap hari untuk membaca Al-Qur'an, karena selain mendapatkan pahala, banyak manfaat lain yang dapat diperoleh. Salah satu keutamaan membaca Al-Qur'an adalah setiap Muslim yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan balasan dari Allah SWT, dan satu kebaikan tersebut akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat. Meskipun demikian, masih ada beberapa orang yang malas membaca Al-Qur'an, ada yang menganggapnya sulit, padahal bila ditekuni dengan baik, membaca Al-Qur'an tidaklah sesulit yang terlihat. Selain itu, masalah umum lainnya adalah kurangnya waktu untuk membaca Al-Qur'an.

Untuk mengatasi masalah ini, Mushaf Onlineku hadir dengan menyediakan berbagai surah dalam Al-Qur'an, termasuk surah Asy-Syams yang terdiri dari 15 ayat. Kamu dapat mengakses website Mushaf Onlineku dan membaca Al-Qur'an kapan saja dan di mana saja, sehingga kamu bisa mendapatkan pahala yang berlimpah.

Makna dan Isi Kandungan Surah Asy-Syams

Surah Asy-Syams adalah surah ke-91 dalam Al-Qur'an, terdiri dari 15 ayat, dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Surah Makkiyah adalah surah yang diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surah-surah Makkiyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada 17 Ramadhan. Asy-Syams memiliki arti matahari, yang diambil dari kata Asy-Syams pada awal surat ini. Isi surah Asy-Syams mengajak manusia untuk membersihkan jiwanya agar mendapatkan berkah di dunia dan akhirat. Surah ini juga menyatakan bahwa Allah akan mengazab orang-orang yang mengotori jiwanya, seperti kaum Tsamud yang mendurhakai Allah. Surah ini juga mengingatkan pada kebanggaan kaum Tsamud yang menyembelih unta yang mereka minta keluar dari batu. Padahal Nabi Salih as. memerintahkan agar mereka menjaga unta tersebut. Aksi ini semata-mata bertujuan untuk melanggar perintah dan nasihat Nabi Salih as. Sikap seperti ini tidak akan ditoleransi oleh Allah, yang murka dan kuasa-Nya tidak tergoyahkan. Surah Asy-Syams dimulai dengan sumpah Allah, yang bukanlah perkara yang remeh. Oleh karena itu, sumpah perlu diambil dengan serius dan dipenuhi, agar kita tidak melanggar sumpah kita sendiri. Allah menggunakan penciptaan-Nya sebagai sumpah, seperti matahari dan bulan, siang dan malam, serta langit dan bumi. Surah Asy-Syams juga menjelaskan bahwa orang yang mensucikan jiwanya akan mendapatkan berkah, sementara yang mengotorinya akan mendapatkan azab.

Keutamaan Membaca Surah Asy-Syams

Surah Asy-Syams memiliki ajaran yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan berkah dan petunjuk dari Allah. Keutamaan membaca surah Asy-Syams termasuk di antaranya adalah melindungi dari keraguan dalam mengambil tindakan baik, melindungi dari kesulitan napas, serta mendatangkan perlindungan dari hal-hal yang menakutkan bagi mereka yang membaca surah ini setiap pagi. Selain itu, masih banyak keutamaan lain yang bisa diperoleh. Oleh karena itu, mulailah membaca Surah Asy-Syams untuk meraih manfaat yang lebih besar. Kini, membaca Al-Qur'an Surah Asy-Syams menjadi lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.