Surah At Takasur

(Bermegah-megahan)
Makkiyah
Surah ke-102
8 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

اَلْهٰىكُمُ التَّكَاثُرُۙ

al-hākumut-takāṡur

Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,


2

حَتّٰى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَۗ

ḥattā zurtumul-maqābir

sampai kamu masuk ke dalam kubur.


3

كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَۙ

kallā saufa ta'lamụn

Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu),


4

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُوْنَ

ṡumma kallā saufa ta'lamụn

kemudian sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui.


5

كَلَّا لَوْ تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِۗ

kallā lau ta'lamụna 'ilmal-yaqīn

Sekali-kali tidak! Sekiranya kamu mengetahui dengan pasti,


6

لَتَرَوُنَّ الْجَحِيْمَۙ

latarawunnal-jaḥīm

niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahim,


7

ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِيْنِۙ

ṡumma latarawunnahā 'ainal-yaqīn

kemudian kamu benar-benar akan melihatnya dengan mata kepala sendiri,


8

ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَىِٕذٍ عَنِ النَّعِيْمِ

ṡumma latus`alunna yauma`iżin 'anin-na'īm

kemudian kamu benar-benar akan ditanya pada hari itu tentang kenikmatan (yang megah di dunia itu).


Membaca Surah At-Takasur dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia di Mushaf Onlineku

Membaca Al-Qur'an setiap hari memiliki manfaat besar, termasuk mendapatkan pahala untuk memudahkan meraih surga dan berbagai ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari juga membantu kita untuk selalu mengingat Sang Pencipta, menjadikan hidup lebih tenang dan damai. Jika kamu memiliki mobilitas tinggi dan merasa kesulitan membawa kitab Al-Qur'an ke mana-mana, tak perlu khawatir. Kini, dengan fitur Al-Qur'an yang tersedia di Mushaf Onlineku, kamu dapat mengakses berbagai surah dalam Al-Qur'an lengkap dengan berbagai juz. Salah satunya adalah surah At-Takasur yang terdiri dari 8 ayat. Rasakan kemudahan mendapatkan pahala dari membaca Al-Qur'an harian melalui Mushaf Onlineku. Akses website Mushaf Onlineku pada ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu kamu memahami Al-Qur'an dengan lebih mudah.

Pelajaran tentang Larangan Hidup Bermegah-Megahan Hingga Melupakan Allah S.W.T Pada Surah At-Takasur

Surah At-Takasur adalah surat ke-102 dalam Al-Qur'an dan termasuk dalam surah Juz 'Amma. Surat ini terdiri dari 8 ayat. Surah At-Takasur membahas tentang perilaku manusia yang sering berlomba-lomba dalam hal kekayaan dan keduniaan. Manusia sering kali terpikat oleh gemerlap dunia sehingga melupakan tujuan sejati penciptaan manusia oleh Allah S.W.T, yaitu untuk beribadah kepada-Nya. Orang yang terlalu terpaku pada harta dan keduniaan akan menyadari kesalahannya saat ajal menjemputnya. Allah S.W.T mencintai hamba-Nya yang hidup sederhana dan rendah hati. Sebaliknya, orang yang sombong dan terlalu bangga dengan status sosialnya akan mengalami azab di neraka jahim dan terus berada di sana. Di akhir surah, disebutkan bahwa pada hari kiamat, manusia akan diminta pertanggungjawaban atas kenikmatan yang mereka kejar di dunia.

Hikmah yang Tersirat dari Surah At-Takasur

Surah At-Takasur memiliki banyak hikmah positif yang dapat diambil sebagai pelajaran berharga dalam menjalani kehidupan. Ayat-ayatnya merupakan peringatan dari Allah S.W.T agar kita tetap merendahkan hati. Kekayaan yang berlimpah bisa membutakan kita. Namun, jika kita merasa cukup dan tidak terlalu terikat pada harta, kita akan hidup dengan lebih damai. Surah ini juga mendorong kita untuk mencari rezeki yang halal dan baik, serta menjauhi dosa. Jika kita menjalani hidup dengan pedoman dari surah At-Takasur, kita akan semakin dekat dengan Allah S.W.T, kuat dalam iman, dan tak pernah melupakan perintah-Nya. Allah S.W.T senang pada hamba-Nya yang memiliki iman dan taqwa. Bacalah surah At-Takasur dan surah-sura lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.