Surah At Tin

(Buah Tin)
Makkiyah
Surah ke-95
8 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ

wat-tīni waz-zaitụn

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun,


2

وَطُوْرِ سِيْنِيْنَۙ

wa ṭụri sīnīn

demi gunung Sinai,


3

وَهٰذَا الْبَلَدِ الْاَمِيْنِۙ

wa hāżal-baladil-amīn

dan demi negeri (Mekah) yang aman ini.


4

لَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ فِيْٓ اَحْسَنِ تَقْوِيْمٍۖ

laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm

Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,


5

ثُمَّ رَدَدْنٰهُ اَسْفَلَ سَافِلِيْنَۙ

ṡumma radadnāhu asfala sāfilīn

kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya,


6

اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ فَلَهُمْ اَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍۗ

illallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti fa lahum ajrun gairu mamnụn

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya.


7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِۗ

fa mā yukażżibuka ba'du bid-dīn

Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu?


8

اَلَيْسَ اللّٰهُ بِاَحْكَمِ الْحٰكِمِيْنَ

a laisallāhu bi`aḥkamil-ḥākimīn

Bukankah Allah hakim yang paling adil?


Membaca Surah At-Tin dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca surah dalam Al-Qur'an merupakan tindakan sunnah yang memiliki banyak keberkahan. Bahkan, jika kita melakukannya, kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Apalagi jika ayat-ayat suci tersebut diabadikan dalam Al-Qur'an sebagai pedoman hidup. Bagi umat Muslim, sangat penting untuk mengatur waktu agar bisa membaca Al-Qur'an setiap harinya. Ini tidak hanya akan menambah pahala, tetapi juga memberikan banyak manfaat lain. Beberapa manfaat membaca Al-Qur'an termasuk balasan baik dari Allah SWT. Setiap kebaikan yang dilakukan saat membaca Al-Qur'an akan diberikan oleh Allah SWT dalam bentuk kebaikan yang berlipat ganda. Meski demikian, masih ada beberapa individu yang malas membaca Al-Qur'an, dan ada pula yang menganggapnya sulit. Namun, jika dilakukan dengan tekun, membaca Al-Qur'an tidaklah seberat yang dibayangkan. Beberapa orang juga menghadapi kesulitan dalam menemukan waktu untuk membaca Al-Qur'an. 

Untuk mengatasi masalah ini, Mushaf Onlineku hadir dengan menawarkan berbagai surah dalam Al-Qur'an, termasuk surah At-Tin yang terdiri dari 8 ayat. Kamu dapat mengakses website Mushaf Onlineku dan membaca Al-Qur'an kapan saja dan di mana saja, sehingga kamu bisa mendapatkan pahala dengan lebih mudah.

Makna dan Isi Kandungan Surah At-Tin

Surah At-Tin adalah surah ke-95 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 8 ayat, dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah. Surah Makkiyah adalah surah yang diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surah-surah Makkiyah turun selama 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada 17 Ramadhan. Surah ini diturunkan setelah surah Al-Buruj. Surah ini dinamai At-Tin karena kata "At-Tin" terdapat pada ayat pertama, yang berarti buah Tin. Pada suatu waktu, seorang sahabat Nabi bertanya tentang amal seseorang yang pikun atau mengalami penurunan daya ingat. Pertanyaan ini akhirnya dijawab oleh Allah melalui surah At-Tin, yang menjelaskan bahwa orang yang sampai pada usia tua dan mengalami pikun masih akan terus mendapatkan pahala. Surah At-Tin juga menegaskan bahwa manusia adalah makhluk yang paling istimewa yang pernah diciptakan Allah. Namun, jika manusia tidak beriman dan tidak beramal saleh, akhirnya mereka akan mengalami kehancuran. Surah ini juga menegaskan bahwa Allah adalah Yang Maha Adil, dan bahwa manusia harus bersyukur atas semua nikmat-Nya.

Keutamaan Membaca Surah At-Tin

Surah At-Tin mengandung ajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan berkah dan panduan dari Allah. Beberapa keutamaan membaca surah At-Tin termasuk perlindungan dari rasa takut, pencegahan dari sifat kikir atau pelit, dan perlindungan dari kesengsaraan di usia tua yang mungkin disertai dengan penurunan daya ingat. Tentu masih banyak keutamaan lain yang bisa diperoleh. Karena itu, marilah mulai membaca Surah At-Tin untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar. Kini, membaca Al-Qur'an Surah At-Tin menjadi lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.

Sumber: worldquran dan tokopedia salam