Surah Az Zalzalah

(Keguncangan)
Madaniyyah
Surah ke-99
8 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

iżā zulzilatil-arḍu zilzālahā

Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,


2

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ

wa akhrajatil-arḍu aṡqālahā

dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,


3

وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ

wa qālal-insānu mā lahā

Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”


4

يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ

yauma`iżin tuḥaddiṡu akhbārahā

Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,


5

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗ

bi`anna rabbaka auḥā lahā

karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.


6

يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ

yauma`iżiy yaṣdurun-nāsu asytātal liyurau a'mālahum

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.


7

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ

fa may ya'mal miṡqāla żarratin khairay yarah

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,


8

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

wa may ya'mal miṡqāla żarratin syarray yarah

dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.


Membaca Surah Az-Zalzalah dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Membaca Al-Qur'an setiap hari memiliki berbagai manfaat, seperti mendapatkan pahala untuk mempermudah meraih surga dan mendapatkan ganjaran lainnya. Selain itu, membaca Al-Qur'an setiap hari juga membuat kita senantiasa mengingat Sang Pencipta, menciptakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup kita. Namun, jika kamu memiliki mobilitas yang tinggi dan merasa kesulitan membawa kitab Al-Qur'an ke mana saja, kamu tidak perlu khawatir. Kini, dengan adanya fitur Al-Qur'an di Mushaf Onlineku, kamu dapat mengakses berbagai surah dari Al-Qur'an lengkap dengan berbagai juz. Salah satunya adalah surah Az-Zalzalah yang terdiri dari 8 ayat. Rasakan kemudahan meraih pahala dari membaca Al-Qur'an harian melalui Mushaf Onlineku. Akses website Mushaf Onlineku melalui ponsel kesayanganmu dan temukan berbagai surah Al-Qur'an dalam tulisan Arab lengkap beserta terjemahan bahasa Indonesia yang akan membantu kamu memahami Al-Qur'an dengan lebih mudah.

Isi Kandungan Surah Az-Zalzalah

Surah Az-Zalzalah adalah surat ke-99 dalam Al-Qur'an dan termasuk dalam surah Juz 'Amma. Kata "Az-Zalzalah" dalam bahasa Arab berarti "kegoncangan." Surat ini terdiri dari 8 ayat dan diturunkan di Madinah. Surah Az-Zalzalah termasuk dalam golongan surat Madaniyyah dan diturunkan setelah surah An Nisaa. Dinamai Az-Zalzalah karena kata ini terdapat pada ayat pertama surat ini. Isi dari surah Az-Zalzalah menjelaskan tentang kegoncangan bumi yang sangat hebat pada hari kiamat dan ketidakpastian manusia pada saat itu. Bumi, tempat tinggal manusia, akan mengalami goncangan yang dahsyat, mengeluarkan apa yang ada di dalamnya, mulai dari bebatuan, logam, lava, hingga jenazah. Kengerian hari kiamat akan membuat wanita yang sedang menyusui melupakan bayinya dan wanita hamil akan menggugurkan kandungannya. Pada hari kiamat, manusia akan dikumpulkan dan perbuatan-perbuatan mereka di dunia akan dihitung dan dihisab.

Keutamaan Surah Az-Zalzalah

Bacaan dalam Al-Qur'an tidak hanya memberikan peringatan dan anjuran kepada hamba-Nya, tetapi juga mengandung banyak manfaat bagi pembacanya. Hal ini juga terjadi ketika membaca surah Az-Zalzalah. Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa membaca surat Idza Zulzilat (surah Az-Zalzalah), maka baginya seperti membaca setengah Al-Qur'an. Barang siapa membaca Qul ya ayyuhal kafirun, maka baginya seperti membaca seperempat Al-Qur'an, dan barang siapa membaca Qul Huwallahu Ahad, maka baginya seperti membaca sepertiga Al-Qur'an." Abu Abdillah juga mengutip tentang keutamaan bacaan surah Az-Zalzalah. Jika surah ini dibaca dalam shalat sunah, Allah SWT akan menjauhkan keguncangan dan tidak akan mengalami gempa bumi, petir, atau bencana dunia lainnya. Ketika meninggal, dia akan diizinkan masuk surga. Bacalah surah Az-Zalzalah dan berbagai surah lainnya dengan lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.