Surah Quraisy

(Suku Quraish)
Makkiyah
Surah ke-106
4 Ayat


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


1

لِاِيْلٰفِ قُرَيْشٍۙ

li`īlāfi quraīsy

Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,


2

اٖلٰفِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاۤءِ وَالصَّيْفِۚ

īlāfihim riḥlatasy-syitā`i waṣ-ṣaīf

(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.


3

فَلْيَعْبُدُوْا رَبَّ هٰذَا الْبَيْتِۙ

falya'budụ rabba hāżal-baīt

Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka‘bah),


4

الَّذِيْٓ اَطْعَمَهُمْ مِّنْ جُوْعٍ ەۙ وَّاٰمَنَهُمْ مِّنْ خَوْفٍ

allażī aṭ'amahum min jụ'iw wa āmanahum min khaụf

yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa ketakutan.


Membaca Surah Quraisy dalam Tulisan Arab dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Bagi umat muslim, membaca surat Al-Qur'an merupakan tindakan yang dianjurkan dan penuh pahala. Bahkan, apa yang tertulis dalam Al-Qur'an dapat menjadi pedoman hidup. Bagi umat muslim, penting untuk menjadwalkan waktu untuk membaca Al-Qur'an setiap hari. Selain mendapatkan pahala, masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari kebiasaan ini. Membaca Al-Qur'an memberikan berbagai keutamaan, di antaranya, setiap ayat yang dibaca oleh seorang muslim akan mendapat balasan dari Allah SWT dalam bentuk kebaikan, yang kemudian akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat. Namun, masih ada orang yang merasa malas membaca Al-Qur'an, atau bahkan menganggapnya sulit. Padahal, dengan tekad dan upaya yang baik, membaca Al-Qur'an tidaklah sesulit yang terlihat. Masalah lain yang sering muncul adalah kesibukan yang membuat kita merasa tidak punya waktu untuk membaca Al-Qur'an. Untuk mengatasi masalah ini, hadirnya Mushaf Onlineku memberikan solusi dengan menyediakan berbagai surat dalam Al-Qur'an dari berbagai juz. Salah satunya adalah surat Quraisy yang terdiri dari 4 ayat. Dengan Mushaf Onlineku, kamu bisa mengakses Al-Qur'an kapan saja dan di mana saja, sehingga pahala membaca Al-Qur'an dapat kamu peroleh dengan mudah.

Makna dan Isi Surat Quraisy

Surat Quraisy adalah surat ke-106 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 8 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makiyyah, yaitu surat yang turun sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Surat Makiyyah diturunkan dalam kurun waktu 12 tahun, 5 bulan, 13 hari, dimulai pada tanggal 17 Ramadhan. Kata "Quraisy" merujuk kepada suku Quraisy, yang dipercayakan menjaga Ka'bah. Surat ini menggambarkan kehidupan suku Quraisy, termasuk kebiasaan mereka dalam bepergian di musim dingin dan panas. Surat ini juga mengingatkan mereka akan kewajiban menyembah Allah SWT, Sang Pemilik Ka'bah, serta tentang amanah Allah atas Ka'bah kepada suku Quraisy, yang juga diberi rizki berupa makanan dan minuman. Dalam surat ini, Allah mengingatkan tentang nikmat-nikmat-Nya kepada suku Quraisy, seperti nikmat keamanan yang memungkinkan mereka melakukan perjalanan di musim dingin dan panas. Allah menunjukkan bahwa suku Quraisy seharusnya menyembah-Nya tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun.

Keutamaan Membaca Surat Quraisy

Surat Quraisy mengandung banyak ajaran yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan berkah dan keridhaan Allah. Keutamaan membaca surat Quraisy termasuk membantu melindungi dari makanan yang berpotensi berbahaya, seperti racun, dan menjadikan makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, membaca surat Quraisy pada makanan yang akan disajikan kepada banyak orang dapat memberikan berkah pada makanan tersebut. Surat Quraisy juga bisa dibaca untuk merawat penyakit pada buah pinggang. Masih banyak lagi keutamaan lainnya yang bisa didapatkan dengan membaca surat Quraisy. Karenanya, penting untuk mulai membiasakan diri membaca Surat Quraisy untuk mendapatkan banyak manfaat. Sekarang, membaca Al-Qur'an Surat Quraisy menjadi lebih mudah melalui Mushaf Onlineku.